Mengenal Dasar Blender 3D

Blender merupakan software atau aplikasi 3D yang bisa didapatkan dengan gratis atau tidak dipungut biaya sama sekali, Blender juga termasuk software Opensources yang dapat dijalankan disemua sistem operasi mulai dari Windows, Mac OS X, Linux bahkan Android.

Blender mempunyai beberapa forum seperti BlenderArtist dan Blender Army Indonesia, Anda juga dapat bergabung dengan forum tersebut untuk meningkatkan kemampuan Anda di bidang Blender 3D. Dan ada banyak tutorial yang tersedia di internet mulai dari pemula atau newbie, amatir dan sampai pro dalam Blender 3D.

Jika Anda yang sangat ingin belajar Blender 3D cobalah memulai dari hal-hal yang sederhana misalnya membuat kursi, meja, almari dan lainnya. Untuk memulainya Anda harus mengetahui dasar-dasar mengoperasikan Blender 3D.

Berikut ini yang mungkin harus anda ketahui sebelum anda belajar Blender 3D:

User Interface

Ajaran pertama dari saya yaitu Ajaran User Interface. Hal-hal yang harus dipelajari bagi seseorang yang ingin Belajar Blender 3D yaitu User Interface. Nama lain dari User Interface adalah perintah fungsi suatu menu atau kegunaan suatu jendela yang ada di Blender 3D berguna untuk mengoperasikan Blender 3D. Sebenarnya ada banyak fungsi menu di aplikasi Blender 3D yang berbeda-beda seperti untuk objeknya, untuk tampilannya, untuk bentuknya, dan sebagainya.

Mungkin ini terdengar sepele, tapi apa salahnya untuk mempelajari dahulu hal ini. Saya yakin jika Anda berfikir untuk berniat langsung ingin dapat karya yang memukau tanpa memahami User Interface itu sangatlah sulit

Tetapi mungkin User Interface yang paling penting adalah pada jendela 3D View dimana kita mengolah bentuk benda dari kubus ke bentuk yang kita inginkan, itulah hal yang paling penting bagi Anda untuk dipelajari dari pemula. Selain itu pelajari juga bilah Properties samping kanan yang terdiri dari beberapa Tab dan bilah kiri jendela 3D View yang berisi perintah-perintah untuk modeling kepada objeknya.

User Interface bukan sekedar itu saja tetapi User Interface lebih dari sekedar perintah-perintah saja. Mungkin User Interface berguna juga bagi pengenalan panel-panel yang berada dalam jendela Blender 3D. Untuk Blender pemula inilah yang sangat berharga karena kenal dulu baru kita bisa nyaman dengan Blender 3D.

 

Kenali Shortcut dan perintahnya

Sekarang ini juga penting bagi Anda seorang pemula yang ingin belajar Blender 3D, Untuk mempermudah Anda dalam mengoperasikan Blender 3D lebih baiknya Anda juga hafal tentang shortcut yang ada di Blender 3D, Shortcut itu dapat berupa tombol dan kombinasi tombol. Ajaran ini sangatlah berguna bagi Anda karena dengan hafal ini pembuatan karya akan lebih mudah.

Seperti tombol Spasi yang dapat digunakan untuk mencari perintah yang Anda cari. Ketikan apa namanya kemudian tekan Enter untuk melihatnya.

 

Tombol yang sering digunakan dalam Blender 3D adalah tombol dasar seperti Grab atau Translate, Scale, Rotate dan tombol numpad untuk berpindah pandangan. Sudah tahukah Anda tentang mengalihkan pandangan dengan tombol numpad?. Secara umum fungsi tombol Numpad (tombol 1, 2, 3, 4, 5, dst) di Blender hanya untuk berpindah Layer tetapi Anda dapat menggantinya sebagai pengalih pandangan. Selengkapnya simaklah penjelasan di bawah ini.

  • Grab yaitu operasi dasar untuk menggerakan objek baik itu untuk sumbu X, Y, dan Z maupun bebas. Menggunakan operasi ini dapat membuat benda berpindah tempat dari semulanya. Untuk melakukannya yaitu dengan cara menekan tombol G pada keyboard Anda.
  • Rotate yaitu untuk memutar objek supaya miring atau menghadap kebagian yang lain. Untuk melakukannya cukup menekan tombol R pada keyboard.
  • Scale yaitu untuk mengatur atau mengubah ukuran objek atau benda untuk dapat diperbesar atau diperkecil dari ukuran semulanya. Untuk melakukannya tekan tombol S di keyboard.

 

Kenali istilah-istilah dalam Blender 3D

 

Apa yang sangat berarti dalam mempelajari suatu hal seperti aplikasi tanpa mengetahui dulu istilah-istilah atau kata-kata dalam aplikasi tersebut. Blender 3D juga mempunyai banyak istilah-istilah dalam aplikasinya bahkan dalam mencari tutorial-tutorialnya.

Bayangkan jika Anda ingin membuat hal itu tetapi belum tahu apa itu namanya, dan bagaimana membuatnya. Cara terbaik adalah menanyakan kepada forum Blender 3D baik di media sosial seperti Blender Army Indonesia, Blender forum Internasional, atau melalui forum Blender Artist.

Pantau terus perkembangan Blender 3D setiap harinya, mungkin Anda dapat menemukan istilah yang baru Anda kenal, setelah itu coba praktekan dan jika mengalami kesulitan minta bantuan kepada forum tersebut. Cara yang kedua yaitu dengan pencarian di Internet bagi Anda yang malas bertanya kepada sesama, tapi apakah yakin Anda dapat mencari semuanya di Internet melalui pencarian? cobalah juga untuk menanyakannya, tetapi mungkin Anda melakukan pencarian di internet karena orang lainnya pun belum tahu, tetapi itu juga boleh.

istilah-istilah ini adalah istilah yang saya ketahui selama saya belajar Blender 3D :

“User Interface, Render, Addon Blender 3D, UV Mapping atau UV Unwrap, Mark Seam, Topologi, Blueprint, Blender Cycles, Bump Map atau Normal map, FreeStyle, Sculpting Blender 3D, Texture Paint, Node Material Blender 3D, Compositions Blender 3D, HDRI Background, Volumetric Lighting dan masih banyak lagi”

Source: blendmun.id

Download Klik

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *