Marvel Cinematic Universe Phase 1

MCU Phahe One

Set pertama dari film yang memperkenalkan alam semesta utama di mana film ditetapkan, serta karakter inti seperti Iron Man, Thor, Captain America, Hulk, Black Widow, Hawkeye dan Nick Fury, dan 2 organisasi seperti S.H.I.E.L.D. dan HYDRA. Dalam  Fase pertama berfokus pada Tesseract, sebuah artefak alien yang kemudian ditetapkan sebagai salah satu dari enam Infinity Stones.

Berikut film-film dari fase pertama yang saya tulis secara singkat :

  1. Iron Man (2008)

Iron Man adalah film superhero tahun 2008, berdasarkan pada superhero Marvel Comics dengan nama yang sama. Ini adalah film pertama di Marvel Cinematic Universe dan awal dari Fase Satu.

Film ini disutradarai oleh Jon Favreau dan dibintangi oleh Robert Downey, Jr. sebagai Tony Stark, Terrence Howard sebagai Lt. Colonel James “Rhodey” Rhodes (Tetapi digantikan pada film berikutnya), Gwyneth Paltrow sebagai Pepper Potts dan Jeff Bridges sebagai Obadiah Stane “Paman dari Tony Stark”.

Playboy dan jenius industri visioner Tony Stark, CEO dari kontraktor pertahanan militer terkemuka, Stark Industries, berada di Afghanistan yang dilanda perang dengan temannya dan rekan militernya, Letnan Kolonel James Rhodes untuk mendemonstrasikan rudal “Jericho” yang baru.

Ketika perjalanan kembali, Stark diserang oleh kelompok yang menyebut diri mereka sebagai “Ten Rings”.  Stark terluka parah di bagian dada dalam penyergapan tersebut dan mereka menculiknya.

Di penyekapan Stark bertemu Dr. Ho Yinsen seorang ilmuan dan ahli bedah terkenal dai desa Gulmira. Pemimpin “Ten Rings” yang bernama Raza menawarkan kebebasan kepada Stark dan Dr. Ho Yinsen dengan syarat mereka harus membuat Rudal Jericho untuk kelompoknya. Yinsen kemudian menegaskan kecurigaan Stark bahwa Raza tidak akan menepati janjinya.

Sambil berpura-pura bekerja di rudal, Stark dan Yinsen diam-diam membangun generator listrik yang kuat yang disebut Reaktor Arc, untuk menyalakan elektromagnet Stark, dan kemudian mereka mulai membangun baju besi yang dirancang oleh Stark, untuk membantu mereka melarikan diri. Dan dari sinilah awal mula dari pembuatan Baju Besi yang di buat oleh Toni Stark.

Di akhir film akan muncul  Direktur Nick Fury mengunjungi Stark di rumahnya, dan, mencatat bahwa Iron Man tidak “satu-satunya superhero di dunia”, dia mengatakan ingin membahas “Avengers Initiative”.

  1. The Incredible Hulk (2008)

Ini adalah Film kedua di Tahap I Marvel Cinematic Universe. Sebuah reboot dari franchise Hulk yang mengikuti kekecewaan kritis dari film Hulk 2003, disutradarai oleh Louis Leterrier dan dibintangi oleh Edward Norton sebagai Bruce Banner / Hulk, Liv Tyler sebagai Dr. Betty Ross, Tim Roth sebagai Emil Blonsky / Abomination, dan William Terluka sebagai General Thunderbolt Ross.

Dalam film ini diceritakan Ilmuwan Bruce Banner (Edward Norton) mati-matian mencari obat untuk radiasi gamma yang mencemari sel-selnya dan mengubahnya menjadi The Hulk. Terpisah dari cinta sejatinya Betty Ross (Liv Tyler) dan dipaksa untuk bersembunyi dari musuh bebuyutannya, Jenderal Thunderbolt Ross (William Hurt), Banner segera berhadapan dengan ancaman baru: musuh yang sangat kuat yang dikenal sebagai The Abomination (Tim Roth).

Bruce Banner teringat peristiwa di mana ia berubah menjadi monster dan dirawat di rumah sakit dimana kekasihnya Betty Ross bekerja. Ayah Ross, Jenderal Thaddeus Ross, memaksa Banner pergi dalam pelarian selama bertahun-tahun, karena ia sekarang menjadi buron Tentara Amerika Serikat.

Banner tinggal di sebuah rumah di Rocinha, Brasil, di mana ia bekerja di pabrik minuman ringan dan telah belajar teknik pernapasan dan seni bela diri untuk menangkal perubahannya. Dia mencoba menemukan obat untuk dirinya dengan bantuan “Mr. Blue”, yang dia temui online.

Sampai akhirnya Jenderal Ross menemukannya dan mengirim tim khusus dari Inggris yang dipimpin Emil Blonsky untuk menangkap Banner.

Sebelum Hulk lolos, prajurit terakhir yang masih hidup Blonsky melihat Hulk, sebelum Hulk melempar truk forklift ke arahnya, dan hampir tidak bisa bertahan. Banner lolos dan pergi ke Guatemala, dan kemudian AS, di mana ia menemukan sekarang pulih Betty Ross di Culver University, berkencan psikiater Leonard Samson. Teman Banner, Stanley Lieber (pemilik pizzeria) memberinya pekerjaan sebagai tukang pos. Dia menggunakan pekerjaan ini untuk melanjutkan penelitiannya dengan menyelinap melewati seorang penjaga keamanan di universitas. Ross melihat Banner di pizzeria, dan mereka bertemu kembali.

Dalam adegan terakhir, Tony Stark mendekati Ross di sebuah bar lokal dan memberi tahu dia bahwa sebuah tim sedang disatukan.

  1. Iron Man 2 (2010)

Ini adalah sekuel Iron Man kejanjutan dari film pertama, Film ketiga di Marvel Cinematic Universe dari Fase Satu. Film ini dirilis pada 28 April 2010 secara internasional dan pada 7 Mei 2010 di Amerika Serikat.

Dengan dunia sekarang mengetahui bahwa dia adalah Iron Man, penemu dan miliarder Tony Stark (Robert Downey, Jr.) menghadapi tekanan dari semua pihak untuk berbagi teknologi dengan militer. Dia enggan membocorkan rahasia baju besinya, takut informasi akan jatuh ke tangan yang salah. Dengan Pepper Potts (Gwyneth Paltrow) dan “Rhodey” Rhodes (Don Cheadle) di sisinya, Tony harus membentuk aliansi baru dan menghadapi musuh baru yang kuat.

Film ini mengisahkan tentang Ivan Vanko anak dari seorang Fisikawan Rusia yang bernama Anton Vanko merupakan rekan dari ayah Tony Stark yaitu Howard Stark dalam pengembangan Arc Reactor.  Setelah Anton Vanko meninggal dia memberikan cetak biru dari Arc Reactor, dia juga mengatakan kepada anaknya kalau mereka punya hak atas kesuksesan Arc Reactor yang dikembangkan oleh Tony Stark dan kerluarganya, dan itu memotivasi Ivan untuk balas dendam.

Dalam film ini juga akan diperkenalkan salah satu tokoh utama lain yaitu Natasga “Black Widow” Romanoff yang diperankan Scarlett Johansson. Dia menyamar sebagai Asisten Baru Papper Potts di Stark Industries dengan nama Natalie Rushman.

Di akhir film Director Fury menemui Tony di sebuah gudang menjelaskan tentang Avengers Initiative bahwa Iron telah direkrut dan dipertibangkan, tapi tidak untu Tony Stark. Tapi Tony hanya digunakan sebagai Konsultan, dan sebagai gantinya Tony meminta dirinya dan Rhodey diberi penghargaan di Washington. Sementara itu Agent Phill Coulson yang berada di Mexico dan memberitahu Fury kalau dia menemukan Mjolnir, Palu milik Thor.

  1. Thor (2011)

Film ke empat dari Marvel Cinematic Universe dalam Fase Pertama, dirilis pada tahun 2011. Memunculkan Character dari luar Angkasa yang memiliki keuatan menyetarai Dewa.

Thor, Putra Mahkota Asgard anak dari Odin Raja Dewa Norse yang akan mewarisi tahta kerajaan Asgard. Namun pada hari dimana dia dinobatkan kedatangan 3 Frost Giants yang melanggar perjanjian dan mencoba mencuri Pusaka milik mereka Ancient Winter namun berhasil dihentikan the Destroyer. Setelah melihat gudang penyimpanan Thor menjadi marah namun Odin tetap tenang, Thor mencoba untuk menyerang balik tapi Odin menolak. Namun Thor secara diam-diam memutuskan untuk pergi bersama teman-temannya bersama saudaranya Loki dan 4 temannya Sif, Hogun, Fandral dan Volstagg. Odin sang ayah mengetahuinya kemudian dia marah dan menjadi murka karena telah menyeret Asgard kembali kepeperangan, lalu dia melucuti kekuatan Thor termasuk mengambil kembali Palu yang dari ditangan Thor, kemudian dia diasingkan dan dibuang ke Bumi bersama dengan Palunya beberapa detik kemudian. Dia mengatakan kepada palunya “Siapapun yang layak dan mampu mengangkat Palu, dia akan memiliki kekuatan Thor”.

Dalam akhir movie aka nada Post-Credit Scene, dimana dr. Erik Selvig dibawa ke fasilitas S.H.I.E.L.D dimana dia bertemu Nick Fury. Fury menunjukan Tesseract dan memintanya untuk object mesterius tersebut. Kemudian muncul Loki yang tak terlihat oleh siapa pun kecuali Selvig untuk menyetujui dan melakukannya.

  1. Captain America: The First Avenger (2011)

Captain America: The First Avenger adalah film superhero Amerika 2011 yang didasarkan pada karakter Marvel Comics Captain America, ini adalah film kelima di Marvel Cinematic Universe (MCU) dalam Phase Pertama.

Dilm ini mengambil setting selama Perang Dunia II, di Marvel’s Captain America: The First Avenger, Steve Rogers (Chris Evans) ingin mengambil bagiannya dan bergabung dengan angkatan bersenjata Amerika, tetapi militer menolaknya karena tubuhnya yang kecil. Kemudian dia bergabung dengan Bucky Barnes (Sebastian Stan) dan Peggy Carter (Hayley Atwell), Captain America memimpin perang melawan organisasi Nazi, HYDRA. Dan harus menghentikan Red Skull, yang berniat untuk menggunakan sebuah artefak yang disebut “Tesseract” sebagai energi sumber untuk menguasai dunia.

Diakhir cerita Rogers terbangun di ruang rumah sakit tahun 1940-an. Saat mendengar siaran radio anakronistik dia menyadari bahwa ada sesuatu yang salah, lalu ia melarikan diri ke luar dan menemukan dirinya di Times Square hari ini, di mana S.H.I.E.L.D. Direktur Nick Fury memberitahunya bahwa dia telah “tertidur” selama hampir 70 tahun.

Dalam adegan Post-Credit, Fury mendekati Rogers dan mengusulkan misi dengan konsekuensi di seluruh dunia.

  1. Marvel’s The Avengers

The Avengers juga dikenal sebagai Marvel’s The Avengers dan Avengers Assemble adalah film superhero 2012, berdasarkan tim superhero Marvel Comics dengan nama yang sama.

Ini juga merupakan crossover antara sekuel Iron Man, The Incredible Hulk, Iron Man 2, Thor, dan Captain America: The First Avenger. Ini adalah Film Terakhir dalam Fase Pertama di Marvel Cinematic Universe.

Cerita diawali oleh Loki yang menemui The Other, pelayan dari seorang Panglima Misterius dan pimpinan dari pasukan yang dikenal sebagai Chitauri. Mereka melakukan pertukaran untuk mengambil Tesseract, sumber energy yang sangat kuat. Dan The Other menjanjukan tentara Chitauri yang dapat ia pimpin untuk menundukan Bumi. Disisi Bumi, Direktur S.H.I.E.L.D. Nick Fury dan wakilnya Maria Hill dipanggil menuju Joint Dark Energy Mission Facility di Gurun Mojave dimana Tesseract sedanng diteliti oleh Erick Selvig. Tesseract tiba-tiba aktif dan membentuk portal dimana Loki kemundian muncul, Loki mengambil Tesseract dan mempengaruhi Selvig dan agen Clint “Hawkeye” Barton dengan sihir dari tongkatnya kemudian memperbudak mereka.

Menanggapi keadaan yang semakin buruk, Directur Fury menghubungi Agen Natasha Romanoff untuk merekrut Dr. Bruce “Hulk” Banner untuk melacak Tesseract melalui radiasi gamma. Kemudian Agen Phill Coulson diminta untuk menemui Tony Stark, dan Fury sendiri langsung mendatangi Steve Rogers untuk merekrutnya. Setelah mereka berkumpul di S.H.I.E.L.D. Helicarrier, keberadaan Loki terlacak sedang berada di Jerman. Captain America dan Agen Natasha Romanoff dibantu oleh Iron Man berhasil menangkap Loki dan di bawa ke S.H.I.E.L.D. Helicarrier. Ditengah perjalan menuju Helicarrier Thor muncul diantara petir yang menyambar, kemudian Thor merebut Loki dan berharap untuk bicara dan meyakinkan Loki agar membatalkan rencananya dan kembali ke Asgard. Terjadi sedikit pertarunga antara Iron Man dan Thor saat setelah Thor berbicara dengan Loki, kemudian Captain America dating dan menghentikan pertarungan yang tidak berguna tersebut. Dan akhirnya Thor setuju untuk membawa Loki ke S.H.I.E.L.D. Helicarrier.

The Avengers sempat terpecah dimana membuat Loki berhasil kabur dan Coulson menjadi korban dari loki yang akhirnya meninggal. Setelah Loki kabur dia menggunakan Tesseract untuk membuat Portal yang dibangun oleh Selvig yang masih dibawah pengaruhnya, kemudian munculah Lubang Cacing yang membawah Armada Chitauri dari Luar angkasa tepat diatas Stark Tower terjadilah invasi besar-besaran.

Di tengah-tengah Post-Credit, The Other menemui tuannya dan memberi tahu tentang kegagalan Loki. Dia juga menceritakan Pahlwan Bumi dan merencanakan untuk menyerang kembali, kemudian Sang Master menengok dan tersenyum sini.

sumber & translate from

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *